PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELJARAN MIND MAPPING DI SDN 03 LUBUAK ALAI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Salsabilla, Rendini and Yulfia, Nora (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELJARAN MIND MAPPING DI SDN 03 LUBUAK ALAI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Bunghatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (335kB)
[img] Text
SIMPULAN. SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT SALSABILLA RENDINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V dalam kemampuan kognitif dan kemampuan afektif pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Mind Mapping di SDN 03 Lubuak Alai Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk menentukan masalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Lubuak Alai Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif dan lembar tes akhir siklus. Hasil penelitian dalam dua siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping pada siklus I dan II, diperoleh persentase pada siklus I sebesar 56% meningkat pada siklus II sebesar 74% dengan rata-rata 74,3. Ketuntasan hasil belajar afektif pada siklus I, diperoleh persentase 62,49% dan meningkat pada siklus II sebesar 78,51% dengan rata-rata 70,5. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif siswa SDN 03 Lubuak Alai Kabupatem Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:25
Last Modified: 05 Sep 2023 02:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15757

Actions (login required)

View Item View Item