PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEA DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMA N 2 KOTA SOLOK

Laras, Sati Winsa and Karmila, Suryani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEA DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMA N 2 KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
laras repostory 2.pdf

Download (368kB)
[img] Text
repostory 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
REPOSTORY 3.pdf

Download (167kB)

Abstract

Setelah peneliti melakukan observasi di SMA N 2 Kota Solok, ditemukan beberapa permasalahan diantaranya proses pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional, dimana pendidik lebih banyak mendiktekan materi pelajaran peserta didik. Dengan metode pembelajaran kovensional tersebut membuat semangat serta keaktifan peserta didik menjadi berkurang. Cara belajar seperti ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran informatika. Hal ini terlihat dari nilai Mid Semester Ganjil peserta didik kelas X SMA N 2 Kota Solok tahun ajaran 2022/2023. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran MEA dengan pendekatan STEM lebih baik dari pada pembelajaran biasa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik SMA N 2 Kota Solok dengan menerapkan model pembelajaran MEA dengan pendekatan STEM lebih baik dari pembelajaran konvensional sebelumnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen (True Experimental Design). Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas X SMA N 2 Kota Solok yang terdiri dari enam kelas sebanyak 214 orang, pengambilan sampel secara random sampling, setelah memenuhi tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal, bervariansi homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka peneliti memilih kelas XE 6 sebagai kelas esksperimen dan kelas XE5 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata – rata pada taraf kepercayaan α = 0,05. Dari tabel kedua diperoleh nilai sig = 0,561 > 0,05 pada Levene’s Test yang berarti bahwa data homogen. Dari uji T – Independent diperoleh Sign 0,00 lebih kecil dari 0,05 maka H_0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar perbaikan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran MEA dengan pendekatan STEM lebih baik dari hasil belajar perbaikan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Informatika peserta didik kelas X SMA N 2 Kota Solok. Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran MEA Dengan Pendekatan STEM Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMA N 2 Kota Solok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:39
Last Modified: 05 Sep 2023 01:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15782

Actions (login required)

View Item View Item