PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XISMKN 1 BUKIT SUNDI

Syaitul, Baita and Yetty, Morelent and Welya, Roza (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XISMKN 1 BUKIT SUNDI. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
2. TESIS SYAITUL BAITA-PINDO-S2-OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI RekayasaPerangkat Lunak (RPL)SMKN 1 Bukit Sundi, KabupatenSolok. Rendahnya hasil belajar tersebutdisebabkan olehkurangbervariasinya model pembelajaran yang diaplikasikan guru. Tujuan daripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanperbedaanhasilbelajar dan motivasibelajar yang menggunakan model pembelajaranProject Based Learningdengan Model PembelajaranKonvensionaldalamketerampilanmenuliscerpensiswakelas XI SMKN 1 Bukit Sundi. Teori yang digunakandalamuntukmenganalisismotivasibelajaradalahteori Uji-t (Furqon, 2002: 217), untukmenuliscerpendigunakanteori Uji-t (Furgon, 2002:218). Sedangkan modelPjBLdigunakanteoriAnova (Furgon, 2002:218). Penelitian inimenerapkanrancanganpenelitianquasi-experiment. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas XI di SMK N 1 Bukit Sundi, Kabupaten Solok JurusanRekayasaPerangkat Lunak (RPL). Kemudian, sampel penelitianditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kelas eksperimen adalah kelas XI RPL A dan kelas kontrol kelas XI RPL B. Anggotakelas XI RPL A adalahsebanyak 28 orang dan kelas XI RPL B juga 28 orang. Data penelitiandikumpulkanmelaluipenggunaaninstrumenpenelitian yang berupateshasilbelajar dan angketmotivasibelajar. Selanjutnya data hasilbelajardianalisismenggunakanUji-t dan Anova.Hasil penelitianadalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakanmodel pembelajaran Project based learning dan model konvensional pada pembelajaran menuliscerpensiswa SMK N 1 Bukit Sundi, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakanmodel pembelajaran Project based learning dan model konvensional yang memiliki motivasi belajar tinggi padapembelajaranmenuliscerpensiswa SMK N 1 Bukit Sundi, (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakanmodel pembelajaran Project based learning dan model konvensional yang memilikimotivasi belajar rendah pada pembelajaranmenuliscerpensiswaSMK N 1 Bukit Sundi, dan (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar.Berdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwa model pembelajaranProject based learning yang diterapkan kepada siswa dapat mempengaruhi hasil belajarBahasa Indonesia, khususnnyadalammenuliscerpen. Berdasarkanhasil penelitian makadisimpulkan, bahwa model pembelajaran Project based learning lebih dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan daripada model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Project based learning, Motivasi Belajar, Menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO Magister
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:18
Last Modified: 05 Sep 2023 02:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15807

Actions (login required)

View Item View Item