Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN 06 Lapai Padang

ulfa, liyana azhar and Risa, Yulisna (2023) Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN 06 Lapai Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
SKRIPSI ULFA LIYANA AZHAR 19-043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis cerita pendek dan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis cerita pendek. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan menulis cerita pendek menggunakan metode Example non example siswa kelas IV SDN 06 Lapai Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 06 Lapai Padang yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru , observasi aktivitas siswa dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh observasi kegiatan siswa diperoleh rata-rata persentase siswa siklus I sebesar 73 % dengan kategori C (Cukup). Untuk rata -rata persentase siklus II observasi kegiatan siswa diperoleh 81 % dengan kategori B (Baik). Sedangkan untuk observasi kegiatan guru siklus I di peroleh rata-rata persentase sebesar 74 % dengan kategori C (Cukup) dan untuk siklus II di peroleh rata-rata persentase sebesar 85 % dengan kategori B (Baik). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar 57,1 dan siklus II dengan persentase ketuntasan nilai hasil belajar siswa 92,85 mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 06 Lapai Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:12
Last Modified: 05 Sep 2023 06:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

View Item View Item