Nasionalisme Dalam Lirik Lagu Chibiki No Iwa, Heitai San, Dan Kōjō No Tsuki: Pemaknaan Melalui Strata Norma Puisi Roman Ingarden

Putri, Vineke Apriliani and Tienn, Immerry (2023) Nasionalisme Dalam Lirik Lagu Chibiki No Iwa, Heitai San, Dan Kōjō No Tsuki: Pemaknaan Melalui Strata Norma Puisi Roman Ingarden. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (282kB)
[img] Text
File 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna nasionalisme dalam lirik lagu Chibiki no Iwa, Heitai San, dan Kōjō no Tsuki. Teori yang digunakan adalah strata norma Roman Ingarden dengan metode deskriptif. Hasil analisis menunjukkan lirik lagu Chibiki no Iwa menggambarkan tentang pengorbanan laki-laki terhadap negara, dengan makna nasionalisme kokka shugi dan kokumin shugi. Lirik lagu Heitai San menceritakan tentang kekaguman terhadap tentara, dengan makna nasionalisme kokka shugi. Lirik lagu Kōjō no Tsuki menggambarkan tentang perubahan dan kefanaan dalam kehidupan, dengan makna nasionalisme minzoku shugi. Berdasarkan isi yang dilihat dari setiap lirik lagu, jika diurutkan secara diakronis maka urutan lirik lagu adalah Kōjō no Tsuki, Chibiki no Iwa, Heitai San. Sejalan dengan urutan diakronis isi lirik lagu, disimpulkan bahwa makna nasionalisme Jepang berakar dari budaya, tradisi, dan sejarah (minzoku shugi), warga negara berkewajiban menjaga dan membela negara (kokumin shugi), dan menjadikan negara di atas segalanya (kokka shugi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: SAJE FIB
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:20
Last Modified: 05 Sep 2023 06:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15820

Actions (login required)

View Item View Item