PENINGKATAN KERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN INQUIRY LEARNING PADA KELAS V SDN 20 KURAO PAGANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG

Andri, S Channiago and Wirnita, Eska, M.M. (2023) PENINGKATAN KERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN INQUIRY LEARNING PADA KELAS V SDN 20 KURAO PAGANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Pengesahan, Abtraks, Daftar isi, Bab 1.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB Kesimpulan dan Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas V SDN 20 Kurao Pagang, Kota Padang. Disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam membaca. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan nilai hasil belajar keterampilan membaca pada teks cerita menggunakan model Inquiry Learning. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori membaca pemahaman dengan model Inquiry Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 20 Kurao Pagang, yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa, lembar aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 19,2 dengan persentase rata-rata nilai tes 56% dan meningkat pada siklus II sebesar 80,7 dengan persentase rata-rata nilai tes 81,1% peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 61,5. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca menggunakan model Inquiry Learning meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 20 Kurao Pagang, Kota Padang. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Inquiry Learning, Teks Cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:48
Last Modified: 06 Sep 2023 01:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15909

Actions (login required)

View Item View Item