MARCELINUS, SALAMAO and Edrizon, Edrizon and NINIWATI, NINIWATI (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Konstruktivis Untuk Siswa Kelas VII SMP. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
5 marcell salamao (1510013211016) ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
|
Text
5 marcell salamao (1510013211016) BAB I.pdf Download (443kB) |
|
Text
5 marcell salamao (1510013211016) BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
|
Text
5 marcell salamao (1510013211016) BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
Text
5 marcell salamao (1510013211016) BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
5 marcell salamao (1510013211016) BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
5 marcell salamao (1510013211016) COVER.pdf Download (298kB) |
|
Text
5 marcell salamao (1510013211016) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu siswa dalam belajar. Salah satunya dalam bentuk media pembelajaran. Belum bervariasinya penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer, belum tersedianya media pembelajaran yang dapat menambah pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru, masih rendahnya perhatian dan partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran matematika, serta waktu yang relatif lama dalam penyampaian dan pemberian pemahaman materi himpunan menjadi kendala yang dihadapi pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif dalam bentuk aplikasi android berbasis konstruktivis pada materi himpunan untuk siswa kelas VII SMP. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Media ini dilengkapi dengan materi, contoh soal, dan soal evaluasi, bersumber dari bahan ajar yang relevan, kemudian dikemas dalam bentuk aplikasi android pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis konstruktivis pada materi himpunan yang valid dan prktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 5 tahapan pengembangan yaitu tahap konsep, tahap perancangan, tahap pengumpulan materi, tahap pembuatan, dan tahap uji coba. Validasi dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari 3 orang dosen untuk melihat apakah media pembelajaran yang dikembangkan ini sudah valid. Dari hasil angket validitas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif dalam bentuk aplikasi android berbasis konstruktivis ini sudah valid sebesar 88,89%. Sedangkan uji praktikalitas yang dilakukan oleh 5 orang siswa dinyatakan sangat praktis, yaitu sebesar 95%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif dalam bentuk aplikasi android berbasis konstruktivis pada materi himpunan kelas VII SMP ini sudah valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan dan pembaharuan media pembelajaran tersebut karena pada penelitian ini hanya sampai pada uji coba terbatas skala kecil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Pustaka |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 07:33 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 07:33 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1591 |
Actions (login required)
View Item |