PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE SDN 146 MENTAWAK KABUPATEN MERANGIN JAMBI

Rahmatul Pauziah, Pauziah and Ade Sri Madona, Madona (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE SDN 146 MENTAWAK KABUPATEN MERANGIN JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
(3) BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(3) BAB 5 SKRIPSI.pdf

Download (437kB)
[img] Text
(3) WISUDA SKRIPSI WISUDA (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian iní yaitu untuk mengetahui dan menjabarkan peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan model think pair share di kelas V SDN 146 Mentawak, Kabupaten Merangin, Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan reflrksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II ajaran 2022/2023 di SDN 146 Mentawak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Adapun instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah wawancara, lembar observasi guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru dari siklus I dengan rata-rata 63, siklus ke II dengan berjumlah 92. Hal ini dapat dilihat pada jumlah selisih peningkatan keduanya yaitu sebesar 29. Hasil nilai rata-rata C1 siswa pada siklus I ke siklus II yaitu dari 74 mejadi 88, sedangkan hasil nilai rata-rata C2 siswa pada siklus I ke siklus II yaitu dari 71 menjadi 85. Lebih dari itu, jumlah persentase ketuntasan peserta didik pada C1 sebesar 58% meningkat menjadi 92%, sedangkan jumlah persentase ketuntasan peserta didik pada C2 sebesar 50% meningkat menjadi 92%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:41
Last Modified: 06 Sep 2023 01:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15916

Actions (login required)

View Item View Item