PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 273 KABUPATEN MERANGIN

ANISA, JANAH and Enjoni, Enjoni (2023) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 273 KABUPATEN MERANGIN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
ANISA JANAH SKRIPSI SELESAI LENGKAP 1[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ANISA JANNAH.pdf

Download (456kB)
[img] Text
KESIMPULAN 1.pdf

Download (262kB)

Abstract

Tujuan penelitian iní adalah untuk menjabarkan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model think pair share di kelas V SDN 273 Merangin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I ajaran 2023/2024 di SDN 273 Merangin. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 orang laki laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Adapun instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah lembar observasi guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dari penelitian ini ialah analisis data kegiatan guru dan analisis data tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan yang signifikan pada hasil analisis akivitas guru terkait dengan penerapan model TPS pada pembelajaran IPA yaitu 21%. Rata-rata nilai analisis aktivitas guru pada siklus I yaitu 67%, lalu meningkat pada siklus II menjadi 88%. Selanjutnya terjadi peningkatan pada hasil belajar peserta didik pada siklus I ke siklus II yaitu dari 56 mejadi 79. Adapun untuk persentase ketuntasan siswa pada siklus I ke siklus II yang meningkat dengan jumlah peningkatan dari 40% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Dengan demikian dapat di disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Think Pair Share

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:18
Last Modified: 06 Sep 2023 06:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item