ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN KUADRAT KELAS X

Ami, Diniatul Fitri and Yusri, Wahyuni (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN KUADRAT KELAS X. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Kesalahan yang dilakukan siswa merupakan tingkat penguasaan materi yang masih kurang, sehingga dapat dijadikan acuan untuk membantu dan membimbing siswa untuk meminimalisir kesalahan dalam menyelesaikan soal. Pada penyelesaian soal cerita terdapat beberapa aspek kesalahan, yaitu kesalahan memahami perintah soal, kesalahan dalam mengubah soal ke model matematika, menentukan rumus yang digunakan, kesalahan dalam proses pengerjaan serta kesalahan siswa dalam menuliskan hasil akhir dari soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi persamaan kuadrat berdasarkan teori Newman di SMKN 1 Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TO 3 yang terdiri atas 6 orang siswa dari 30 orang siswa. Untuk pengumpulan data wawancara dipilih 6 orang siswa dengan kriteria 2 siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Analisis kesalahan menggunakan teori Newman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat yaitu : 1) kesalahan membaca, 2).kesalahan siswa dalam memahami soal sebesar 6,67%. Faktor penyebab pada kesalahan memahami soal yaitu kurangnya ketelitian dan pemahaman siswa dalam membaca serta memahami maksud dari soal yang diberikan. 3) kesalahan siswa dalam transformasi soal sebesar 21,21%. Faktor penyebab kesalahan transformasi proses yaitu siswa tidak membuat rumus awal dalam mengerjakan soal cerita, siswa mudah menyerah untuk mengetahui cara penyelesaian dari soal, serta siswa tidak memahami bentuk penyelesaiannya. 4) kesalahan siswa dalam keterampilan proses sebesar 36,4%. Faktor penyebab kesalahan pada keterampilan proses yaitu siswa masih bingung dalam memfaktorkan sebuah bilangan, masih keliru dalam melakukan perkalian, siswa tidak mengetahui bagaimana penyelesaian ke tahap selanjutnya, dan siswa terburu-buru untuk mengumpulkan jawaban, sehingga tidak melanjutkan penyelesaiannya secara tuntas. Dan 5) kesalahan siswa dalam penulisan jawaban akhir sebesar 37,6%. Faktor penyebab kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu kurang ketelitian dalam menjawab soal dan kurang terbiasa dalam menuliskan jawaban akhir. Dari 3 soal yang di tes, persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikannya adalah pada jenis kesalahan dalam penulisan jawaban akhir. Kata kunci : kesalahan, soal cerita, teori Newman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:48
Last Modified: 06 Sep 2023 06:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15934

Actions (login required)

View Item View Item