ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA

Vanesa, Aftina and Susi, Herawati (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULLTEXT Vanesa Aftina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesulitan yang dialami siswa pada saat proses belajar matematika yang berdampak pada terjadinya kesalahan dalam mengerjakan soal cerita matematika. Kesalahan-kesalahan ini perlu diketahui agar lebih mudah mencari solusi dan hal-hal yang perlu ditekankan dalam pembelajaran, sehingga kesalahan-kesalahan tersebut dapat diminimalisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bunga tunggal dan bunga majemuk dengan menggunakan langkah-langkah Polya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas 2 orang siswa dari 13 siswa kelas XI TKP SMKN 1 Pariaman, dengan kriteria masing-masing 1 siswa dari kelompok sedang dan 1 siswa dari kelompok rendah. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi bunga tunggal dan bunga majemuk menggunakan langkah-langkah Polya adalah: pada soal nomor 1, kesalahan terbesar yang dilakukan pada langkah memahami msalah yaitu sebesar 23,08%. Soal nomor 2, kesalahan terbesar yang dilakukan pada langkah melakukan pengecekan kembali yaitu sebesar 15,38%. Dan soal nomor 3, kesalahan terbesar yang dilakukan pada langkah memahami masalah yaitu sebesar 19,23%. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan meliputi, tidak terbiasa menuliskan informasi pada soal dengan menggunakan kata-kata sendiri, tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan benar, tidak fokus saat mengerjakan soal, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, tidak terbiasa melakukan pengecekan kembali, dan terburu-buru dalam mengerjakan proses penyelesaian. Untuk membantu mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal ceita matematika sebaiknya siswa lebih dibimbing dalam proses pembelajaran baik dirumah ataupun disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:46
Last Modified: 06 Sep 2023 06:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15938

Actions (login required)

View Item View Item