Pengembangan Modul Digital Pada Pembelajara Matematika Materi Statistika SMP Kelas VIII

DEYANA, ULVA SARI and RITA, DESFITRI and LISTY, VERMANA (2020) Pengembangan Modul Digital Pada Pembelajara Matematika Materi Statistika SMP Kelas VIII. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
7 DEYANA ULVA SARI (1510013211024) ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
7 DEYANA ULVA SARI (1510013211024) BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
7 DEYANA ULVA SARI (1510013211024) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
7 DEYANA ULVA SARI (1510013211024) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7 DEYANA ULVA SARI (1510013211024) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7 DEYANA ULVA SARI (1510013211024) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
7 DEYANA ULVA SARI (1510013211024) COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
7 DEYANA ULVA SARI (1510013211024) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran matematika. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika diantaranya, guru masih menggunakan media/bahan ajar konvensional seperti: penggaris, spidol, modul cetak, buku paket dan lain-lain. Guru kurang tegas dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga membuat siswa tidak memperhatikan guru dalam menjelaskan materi seperti: tidur-tiduran, keluar masuk kelas, makan-makan, berbicara dengan teman dan lain-lain Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membuat bahan ajar berupa modul digital pada pembelajaran matematika materi statistika SMP kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital untuk pembelajaran matematika materi statistika SMP kelas VIII. Modul digital ini diharapkan bermanfaat dan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Data awal dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan dengan validasi produk oleh 2 (dua) orang dosen pendidikan matematika dan 1 (satu) orang guru matematika. Untuk pengambilan data dilakukan uji praktikalitas oleh 5 orang siswa. Hasil produk dinyatakan sangat valid dengan memperoleh nilai rata-rata 98,36% sedangkan nilai praktikalitas sebesar 90,31% dengan kategori sangat praktis. Hal ini berarti respon siswa terhadap pengembangan modul digital pada pembelajaran matematika materi statistika berkriteria sangat baik, mendapat respon positif dan membantu siswa dalam memahami mata pelajaran matematika khususnya materi statistika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:46
Last Modified: 19 Nov 2020 07:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item View Item