PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 2 PADANG

Aulia, Khairunnisa and Syukma, Netti (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1 cover-pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 5 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)
[img] Text
3. FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Ada tiga hal yang melatar belakangi penelitian ini. Pertama, motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Kedua, pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Ketiga, penggunaan media dalam pembelajaran yang tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan motivasi dan hasil belajar siswa yang pembelajaranya menerapkan pembelajaran langsung di kelas XI SMAN 2 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan multimedia lebih baik dari pada motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran langsung di kelas XI SMAN 2 Padang. Jenis penelitian adalah quasi experimental design. Design yang digunakan adalah nonequivalenl group posttest only design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI F SMAN 2 Padang yang terdiri dari 3 kelas dan telah diuji homogenitasnya. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI F 1 dan XI F 2. kelas XI F 1 dan XI F 2 masing-masing berjumlah 36 siswa. XI F 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa dan tes akhir hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikasi(sig.(2-tailed)) pada data motivasi dan hasil belajar adalah 0.004 dan 0.002 maka nilai ini lebih kecil dari 0.05 (0.004 < 0.05 dan 0.002 < 0.05) maka tolak Ho. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan multimedia lebih baik dari pada motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran langsung di kelas XI SMAN 2 Padang Dari hasil penelitian ini, disarankan guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Problem based learning dengan multimedia sehinga dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada penerapan model pembelajaran problem based learning untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih menyiapkan masalah-masalah kontekstual yang terkait dengan materi yang diajarkan. Pada penggunaan multimedia dalam pembelajaran diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menyiapkan secara lebih detail semua perangkat atau alat pendukung yang di butuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:18
Last Modified: 07 Sep 2023 01:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15971

Actions (login required)

View Item View Item