UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SDN 7 BATU AJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG

Lisa, febrianti and Arlina, yuza (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SDN 7 BATU AJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.pdf

Download (430kB)
[img] Text
ii.pdf

Download (27kB)
[img] Text
iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas II SDN 7 Batu Ajung Kabupaten Sijunjung pada pembelajaran Matematika. Nilai Matematika siswa masih banyak berada dibawah Ketuntasan Minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil pembelajaran matematika dengan model Kooperatif Tipe Make A Match pada siswa kelas II SDN 7 Batu Ajung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 7 Batu Ajung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 7 Batu Ajung Kabupaten Sijunjung, yang berjumlah 19 orang. Berdasarkan lembar observasi aktivitas guru diperoleh hasil persentase aktivitas guru yaitu 70%pada siklus I pertemuan I dan pada siklus siklus I pertemuan II diperoleh persentase 75%, sedangkan pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase 80%dan pada pertemuan II diperoleh persentase 90%. Hasil belajar Siklus I pada Pertemuan I memperoleh persentase rata-rata kelas sebesar 55,26%, meningkat pada Siklus II sebesar persentase rata-rata kelassebesar79,47%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 7 Batu Ajung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:20
Last Modified: 07 Sep 2023 01:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15974

Actions (login required)

View Item View Item