PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS III B SDN 2 LUBUK TAROK KABUPATEN SIJUNJUNG

Fadil, Nur Rahmad and Rieke, Alyusfitri (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS III B SDN 2 LUBUK TAROK KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.pdf

Download (403kB)
[img] Text
ii.pdf

Download (26kB)
[img] Text
iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III B SDN 2 Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung pada pembelajaran Matematika. Nilai Matematika siswa masih banyak di bawah Ketuntasan Minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa kelas III B SDN 2 Lubuk Tarok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SDN 2 Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung, yang berjumlah 19 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan pengamatan lembar observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase 54,54% dan pada pertemuan II diperoleh persentase 59,09%, sedangkasn pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase 59,09% dan pada pertemuan II diperoleh persentase 77,27%. Tes hasil belajar pada siklus I Pertemuan I diperoleh nilai rata-rata kelas 59,73 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 75,26. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III B SDN 2 Lubuk Tarok. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing dapat dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:17
Last Modified: 07 Sep 2023 01:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15977

Actions (login required)

View Item View Item