Tiara, Dofinsa and Yulfia, Nora (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
cover-bab I.docx Download (873kB) |
|
Text
BAB V - daftar pustaka.docx Download (71kB) |
|
Text
SKRIPSI TIARA DOFINSA.docx Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Scramble. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN 08 Surau Gadang Padang yang berjumlah 26 siswa. 14 Siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan di akhiri dengan tes akhir siklus, serta instrument penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil belajar siswa aspek kognitif (Pemahaman) diperoleh nilai rata-rata sebesar 42,3% pada siklus I, meningkat pada siklus II sebesar 76,92%. Rata-rata hasil belajar afektif diperoleh sebesar 51,92% pada siklus I, meningkat menjadi 73,08% pada siklus II. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dicapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 08 Surau Gadang Padang. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, scramble
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 06:26 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 06:26 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16025 |
Actions (login required)
View Item |