PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 KAMPUNG OLO MELALUI MODEL PEBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

rivaldo, windra meylbi and rona, taula Sari (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 KAMPUNG OLO MELALUI MODEL PEBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1.pdf

Download (582kB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (170kB)
[img] Text
File 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas da hasil belajar IPA siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning (PjBL) di kelas V SD Negeri 04 Kampung Olo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan dan dilanjutkan dengan tes di akhir siklus. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan hasil tes belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa. Hasil peneliti menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas guru siklus I dengan persentase 65,62% termasuk kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan peningkatan dengan persentase 89,06% termasuk kategori sangat baik. Serta peningkatan kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II dimana rata – rata kreativitas siswa pada siklus I siklus adalah 51,43%, sementara rata – rata kreativitas siswa siklus II adalah 80,76%. Rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 46,15 dengan persentase 10%, sementara rata – rata tes diakhir siklus II adalah 80,76 dengan persentase 81%. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan kreativitas siswa di SD Negeri 04 Kampung Olo dan disarankan agar guru menggunaka model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:24
Last Modified: 08 Sep 2023 07:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16030

Actions (login required)

View Item View Item