PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nadia, Ramadika Arsil and M, Tamrin (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN NADIA RAMADIKA ARSIL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA NADIA RAMADIKA ARSIL.pdf

Download (113kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI NADIA RAMADIKA ARSIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan model 4-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran IPS dengan model problem based learning pada kelas IV yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrument penguji data adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi memperoleh 90.42% dengan kategori cukup valid, dari aspek bahasa memperoleh 95% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 91.66% dengan kategori sangat valid. Jadi diperoleh rata-rata skor dari ketiga aspek validasi sebesar 92.42% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 22 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru dan siswa dinyatakan sangat praktis dengan persentase yang diperoleh 92.56%. dimana pada praktikalis modul oleh guru memperoleh hasil 93.80% dengan kriteria sangat praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 91.32% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran ips dengan model problem based learning pada kelas IV yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata Kunci: Pengembangan Modul, IPS, problem based learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:00
Last Modified: 11 Sep 2023 02:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16044

Actions (login required)

View Item View Item