Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) Di SDN 23 Ujung Gurun Kota Padang

Wulan, Purnama and Darwianis, Darwianis (2023) Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) Di SDN 23 Ujung Gurun Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, BAB 1, PENGESAHAN.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 23 Ujung Gurun Kota Padang, dan bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn siswa tersebut pada aspek kognittif pengetahuan (C1) dan aspek kognitif pemahaman (C2) melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek berjumlah 28 orang siswa, yang dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dan diakhiri dengan tes di akhir masing-masing siklus. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan terdiri dari lembar obsevasi aktivitas guru Penelitian, lembar tes hasil belajar, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian siklus I tes belajar kognitif (C1) hanya 46,42% siswa yang tuntas dan 53,57% siswa belum tuntas. pada tes hasil belajar (C2) terdapat 35,71% siswa dinyatakan tuntas, sedangkan 64,28% siswa yang dinyatakan belum tuntas. siklus ke II diperoleh hasil dari 28 siswa pada tes hasil belajar kognitif (C1) mendapatakan 75% siswa yang tuntas, sedangkan 25% siswa belum tuntas dalam belajar dan (C2) mendapat 83,42% siswa yang tuntas dalam belajar sedangkan 16,58% siswa yang belum tuntas. nilai rata-rata yang didapat dari kedua siklus yaitu 76,04. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn yang dilaksanakan melalui model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:17
Last Modified: 11 Sep 2023 02:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16068

Actions (login required)

View Item View Item