PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 58 LUBUK BUAYA PADANG

Tasya, Aulia and Siska, Angreni (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 58 LUBUK BUAYA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover,Halaman pengesahan,Abstrak,Daftar isi, BAB Pendahuluan (Tasya Aulia 18-059).pdf

Download (739kB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka (Tasya Aulia 18-059).pdf

Download (428kB)
[img] Text
Full Text Skripsi (Tasya Aulia 18-059).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja pesrta didik (LKPD) pembelajaran IPA berbasis model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas IV SD Negeri 58 Lubuk Buaya yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Berdasarkan LKPD yang telah dikembangkan, validasi LKPD yang dilakukan terdiri dari 3 dosen ahli. Dari aspek materi diperoleh nilai kevalidan 3,2 (valid), dari aspek bahasa diperoleh nilai kevalidan 3,91 (sangat valid) dan dari aspek desain diperoleh nilai kevalidan 3,53 (sangat valid). Dilihat dari rata-rata validitas memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai kevalidan 3,54 (sangat valid). Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 24 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh persentase kepraktisan 95% (sangat praktis) dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan persentase kepraktisan 86% (sangat praktis). Dilihat dari rata-rata praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase kepraktisan 90,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran IPA berbasis model Contextual Teaching and Learning (CTL) memenuhi kriteria valid dan praktis. Saran dari penulis adalah, LKPD ini dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD) secara mandiri dan dapat mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran IPA khususnya materi wujud zat dan perubahannya. Kata Kunci : Pengembangan LKPD, Contextual Teaching and Learning(CTL), Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:35
Last Modified: 12 Sep 2023 01:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16136

Actions (login required)

View Item View Item