PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC DI SD NEGERI 18 SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN

ALVIO, FEBRIAN and Wirnita, Eska and Hidayati, Azkiya (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC DI SD NEGERI 18 SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (129kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca sekilas siswa kelas IV di SDN 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca sekilas siswa kelas IV dengan menggunakan Metode CIRC di SD Negeri 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca menurut Rahim. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode CIRC menurut Istarani. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar kemampuan membaca sekilas siswa melalui 2 tahap yaitu tahap menemukan pikiran pokok dan meringkas isi teks. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa adalah sebesar 42,9% meningkat menjadi 80,9% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 68,4 meningkat ke siklus II menjadi 78,09. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca sekilas siswa kelas IV SDN 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Disarankan kepada guru agar mengguanakan Metode pembelajaran CIRC dalam pembelajaran membaca sekilas. Kata kunci: membaca sekilas, metode CIRC

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:45
Last Modified: 12 Sep 2023 02:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16147

Actions (login required)

View Item View Item