PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI PADANG

Mutiara, Mutiara and Arlina, Yuza (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi dan BAB Pendahuluan.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)
[img] Text
SKRIPSI REPOSITORY MUTIARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV melalui model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Padang yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 78,84% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 92,30%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 70% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,6%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 57,92 dengan persentase ketuntasan 28%, dan pada siklus II diperoleh rata-rata 83,6 dengan persentase ketuntasan 80%. Dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model discovery learning, agar kedepannya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:32
Last Modified: 12 Sep 2023 06:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16155

Actions (login required)

View Item View Item