PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 SUNGAI GERINGGING

Rosianita, Arma and Khairudin, Khairudin (2023) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 SUNGAI GERINGGING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya perhatian, minat belajar, kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dan hasil belajar siswa masih banyak di bawah nilai 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sungai Geringging. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sungai Geringging. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket skala likert dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan analisis regresi ganda dua prediktor secara manual (excel). Dari perhitungan analisis regresi ganda dua prediktor didapatkan persamaan regresi linear berganda yaitu Y ̂=9,83+0,496X_1+0,499X_2. Hasil penelitian disimpulkan bahwa minat belajar secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sungai Geringging, yaitu sebesar 32%. Kemandirian belajar secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sungai Geringging, yaitu sebesar 34%. Minat belajar dan kemandirian belajar secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sungai Geringging, yaitu sebesar 46%. Kata Kunci : Minat Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:32
Last Modified: 12 Sep 2023 07:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16160

Actions (login required)

View Item View Item