PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS V SDN 18 KAYU TANAM

Raddhatul, Fikria and Erman, Har (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS V SDN 18 KAYU TANAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
skripsi cover-bab 4 Raddhatul Fikria (18-206).pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi bab 5- daftar pustaka Raddhatul Fikria (18-206).pdf

Download (324kB)
[img] Text
skripsi full Raddhatul Fikria (18-206).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mempelajari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam mata pelaran IPA di kelas V SDN 18 Kayu Tanam dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA materi faktor-faktor yang memengaruhi siklus air. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester II ajaran 2022/2023 di SDN 18 Kayu Tanam. Sabjek Penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 18 orang, terdiri dari 9 orang laki laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Adapun instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah lembar observasi aktivitas guru, dan lembar tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dari penelitian ini ialah analisis data kegiatan guru, dan analisis data tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada aktivitas guru dari siklus I dengan jumlah 59% dan siklus ke II yang berjumlah 88%. Hal ini dapat dilihat pada jumlah selisih peningkatan keduanya sebesar 29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persentasi yang dilakukan oleh guru pada siklus ke II sudah sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, sehingga terjadinya peningkatan yang sangat signifikan pada siklus II. Pada hasil belajar siswa siklus pertama hanya 39% sehingga penelitian harus dilanjutkan pada siklus ke II. Adapun siswa yang tuntas pada siklus II ini yaitu mencapai jumlah 83% Atau mengalami jumlah selisih peningkatan sebesar 44%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick mampu meningkatkan aktvitas dan hasil belajar IPA di kelas V SDN 18 Kayu Tanam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:40
Last Modified: 13 Sep 2023 01:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16166

Actions (login required)

View Item View Item