PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI KALIMAT TANYA KELAS V SDN 18 KAYU TANAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Suci, Tiaramadan and Rio, Rinaldi (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI KALIMAT TANYA KELAS V SDN 18 KAYU TANAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI COVER- BAB 4 SUCI TIARAMADAN 18-228.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL SUCI TIARAMADAN 18-228.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Penggunaan Buku Paket dalam memberikan bahan bacaan pada materi kalimat tanya yang belum optimal, sehingga masih terdapat siswa yang kesulitan dalam memahami isi bahan bacaan pada materi kalimat tanya, kurangnya minat siswa dalam membaca. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan CTL Pada Materi Kalimat Tanya Siswa Kelas V SD Negeri 18 Kayu Tanam yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis pendekatan CTL dengan materi kalimat tanya mendapatkan rata-rata validitas sebesar (84,21%) dengan kriteria valid. Adapun pada aspek komponen materi, mendapat presentase validitas (78,5%) dengan kategori cukup valid. Aspek komponen bahasa, mendapat presentase validitas (87,5%) dengan kategori valid. Aspek desain, mendapatkan presentase validitas (86,65%) dengan kategori valid. Pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis CTL untuk kelas V SDN 18 Kayu Tanam yang telah dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan modul (91,14,62%) oleh guru VA skala kecil, dan dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan modul (90,62%) oleh guru VB skala terbatas,Hasil uji praktikalitas modul dari siswa Kelas VA skala kecil dan Kelas VB skala terbatas dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase praktikalitas sebesar (84,8%) dari kelas VB skala terbatas dan (83,33%) dari kelas VA skala kecil dengan kriteria praktis,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:45
Last Modified: 13 Sep 2023 01:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16167

Actions (login required)

View Item View Item