PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN 01 PASAR LABAN KOTA PADANG

Riza, Setia Putri and Enjoni, Enjoni (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN 01 PASAR LABAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis problem solving pada materi perubahan wujud benda kelas IV SDN 01 Pasar Laban Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yaitu define, design, develop, disseminate. Namun keterbatasan waktu, maka peneliti hanya sampai pada tahap sampai development (3-D). Instrumen pengumpulan data yng digunakan adalah kuisioner/angket yng terdiri dari angket validitas aspek materi, bahasa dan desain, serta angket praktikalitas untuk guru dan siswa. Validitas dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, aspek bahasa dan aspek desain. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang wali kelas dan 28 siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan validitas angket oleh validator dengan rata-rata 3,60 dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas oleh guru dengan rata-rata praktikalitas 90,41 % dan praktikalitas oleh siswa dengan rata-rata praktikalitas 92,23% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis problem solving yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis. Dapat disarankan untuk seorang guru modul pembelajaran IPA ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar, dan bagi siswa modul pembelajaran IPA ini sebagai sumber belajar di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:47
Last Modified: 13 Sep 2023 01:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16168

Actions (login required)

View Item View Item