PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM KELAS VD SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG

Fadhilah, Mursyafiela and Siska, Angreni (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM KELAS VD SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (904kB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (405kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI Fadhilah Mursyafiela 19-150 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan STEM di kelas VD SD Islam Khaira Ummah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes di akhir siklus. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEM dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas guru siklus I dengan persentase 59,95% termasuk kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 79,95% termasuk kategori baik. Serta peningkatan kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II dimana rata-rata kreativitas siswa pada siklus I adalah 66,78%, sementara rata-rata kreativitas siswa di siklus II adalah 90,35%. Hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II di mana rata-rata hasil tes akhir disiklus I adalah 77,53 dengan persentase 60,71%, sementara rata-rata tes diakhir siklus II adalah 85, dengan persentase 92,85%. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa di SD Islam Khaira Ummah Kota Padang dan disarankan agar guru menggunakan pendekatan STEM dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:52
Last Modified: 13 Sep 2023 01:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16178

Actions (login required)

View Item View Item