PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DI SDN 22 LUBUK ALUNG

Puput, Indriani and Wince, Hendri (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DI SDN 22 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT INDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing di kelas IV SDN 22 Lubuk Alung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 22 Lubuk Alung yang berjumlah 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aspek guru dan lembar penilaian kognitif dan tes hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas pelaksanaan proses pembelajaran guru siklus I 83,35% (Baik) meningkat menjadi 95,8% (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari siklus I 43,75% (Kurang) menjadi 91,6% (Sangat Baik) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa juga meningkat dari 71,88 (Cukup) menjadi rata-rata dengan ketuntasan 93,75 (Sangat Baik). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:07
Last Modified: 14 Sep 2023 08:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16222

Actions (login required)

View Item View Item