PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS V DENGAN MODEL INTEGRATIF DI SDN 08 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Deni, Wahyu Saputra and Syofiani, Syofiani and Hidayati, Azkiya (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS V DENGAN MODEL INTEGRATIF DI SDN 08 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (115kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model Integratif dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa dalam meperhatikan, mengomentari, menceritakan kembali, dan menjawab pertanyaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 08 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kemampuan menyimak siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan lembar observasi kemampuan menyimak siswa diperoleh bahwa rata-rata persentase kemampuan menyimak siswa dalam memperhatikan pada siklus I 95,65% sedangkan siklus II 100%, mengomentari pada siklus I 52,17% sedangkan siklus II 82,69%, menceritakan kembali 47,82 pada siklus I sedangkan siklus II 86,96%, menjawab pertanyaan pada siklus I 65,21% sedangkan siklus II 91,30% dengan jumlah rata-rata pada siklus I 65,21% meningkat menjadi 91,30% pada siklus II. Berdasarkan tes hasil belajar siswa diperoleh bahwa rata-rata kemampuan menyimak siswa pada siklus I 72,17 dan rata-rata siklus II 89,78. Dari peningkatan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II berarti target pencapaian pembelajaran dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Integratif berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat menggunakan model Integratif untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci : kemampuan menyimak, integratif, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:21
Last Modified: 14 Sep 2023 08:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16226

Actions (login required)

View Item View Item