PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING TOGETHER (BELAJAR BERSAMA) DI SDN 08 SURAU GADANG SITEBA PADANG

Ilka, Husnawati and Susi, Herawati and Muhammad, Sahnan (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING TOGETHER (BELAJAR BERSAMA) DI SDN 08 SURAU GADANG SITEBA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (167kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa di kelas IV SDN 08 Surau Gadang Siteba Padang. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran Matematika siswa kurang aktif dan mudah bosan dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan model Learning Together (Belajar Bersama) yang meliputi perencanaan (RPP), pelaksanaan, afektifitas siswa (kerjasama) dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang Siteba Padang yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I mendapatkan hasil belajar pada ranah afektif kerjasama (A3) mendapatkan persentase ketuntasan rata-rata siswa 60,89%, pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntase rata-rata siswa 85,89%. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif pemahaman (C2) siklus I dengan nilai persentase ketuntasan rata-rata siswa 69,23%, untuk siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai persentase ketuntasan rata-rata siswa 82,03%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Learning Together (Belajar Bersama) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Learning Together (Belajar Bersama)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:15
Last Modified: 18 Sep 2023 03:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item