PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 29 BATANG ANAI

Rahmat, Hendri and Wince, Hendri and Erwinsyah, Satria (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 29 BATANG ANAI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (189kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkana ktivitas bertanya, berpendapat, dan melakukan diskusi siswa kelas V SD Negeri 29 Batang Anai dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase aktivitas bertanya siswa pada siklus I 51,75% dengan criteria kurang meningkat pada siklus II dengan persentase75%, dengan criteria tinggi, berpendapat siklus I dengan persentase 51,85% dengan criteria kurang, meningkat pada siklus II dengan persentase 81% dengan criteria sangat tinggi, melakukan diskusi siklus I dengan persentase 51,75% dengan criteria kurang, meningkat pada siklus II dengan persentase 73,3% dengan criteria tinggi dan hasil ujian evaluasi siswa siklus I rata-rata 66,29 dengan persentase 48,14% dengan criteria kurang, meningkat pada siklus II ratarata 74,44 dengan persentase 85,18 % dengan criteria sangat tinggi. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dapat ditingkatkan dengan model Problem Based Learning. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: IPA, Aktivitas dan Hasil, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:23
Last Modified: 18 Sep 2023 08:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16289

Actions (login required)

View Item View Item