PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 4 BUKITTINGGI

Iga Claudia, Juwantika and Wince, Hendri and Lisa, Deswati (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 4 BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
10. COVER SKRIPSI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
10. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapan model pembelajarankooperatiftipeMake A Matchterhadaphasilbelajarbiologisiswayang dilaksanakanpadasiswakelas XMIPA SMAN 4 BukittinggiTahunAjaran 2016/2017. Metodepenelitianiniadalaheksperimen.Subyekpenelitianadalahsiswakelas XMIPA SMAN 4 Bukittinggidengansampelpenelitianberjumlah 60 orang yang diambilmenggunakanteknikpurposive samplingdanmenghasilkanduakelassampel yang terdiriataskelaseksperimendankelaskontrol. Teknikpengumpulan data adalahsoaltesakhiruntukhasilbelajarranahkognitif.Analisis data yang digunakanadalahujinormalitas, homogenitasdanhipotesis.Hasil penelitian menunjukkanpenerapan model pembelajarankooperatiftipeMake A Matchmempengaruhihasilbelajarbiologisiswadengan rata-rata hasilbelajarkelaseksperimen 74.67 lebihbaikdaripada rata-rata hasilbelajarkelaskontrol68.67. Berdasarkanuji hipotesis yang telah dilakukan dengan α=0.05 diperoleh thitung(2.34) lebih besar dari ttabel(1.68). Saran dari penelitian ini adalah diharapkandalampelaksanaan model pembelajarankooperatiftipeMake A Match diberikanintruksi model inilebihdiperjelasdenganrincisupayasiswatidakbingungdalammelakukanpembelajaran dengan model pembelajaran ini. Kata Kunci :Pengaruh. Model PembelajaranKooperatifTipe Make A Match, Hasilbelajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:11
Last Modified: 19 Sep 2023 04:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16305

Actions (login required)

View Item View Item