Mutiara, Frida Yanti and Gusmaweti, Gusmaweti and Rona, Taula Sari (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
11. COVER - BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. SKRIPSI.PDF Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 13 Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 64 orang didapatkan melalui teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes untuk hasil belajar ranah kognitif dan lembaran observasi penilaian untuk afektif dan psikomotor. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar aspek kognitif pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 82.18 dengan persentase ketuntasan 65,625% dan pada kelas kontrol 70.46 dengan persentse 37,5%. Nilai rata-rata aspek afektif pada kelas eksprimen 83.43 dengan predikat baik sekali dan psikomotor 84.89 dengan predikat baik sedangkan nilai rata-rata afektif pada kelas kontrol 76.29 dengan predikat baik pada aspek psikomotor 73.03 dengan predikat cukup. Disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Saran diharapkan bagi guru mata pelajaran biologi untuk dapat lebih menerapkan peta konsep dalam pembelajaran untuk meningkatkan cara berpikir siswa, kreativitas dan kemampuan menyampaikan gagasan siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Peta Konsep, Eksperimen, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 04:08 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 04:08 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16307 |
Actions (login required)
View Item |