PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLEPLAYING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 PADANG

Yulira Indah, Yulira Indah and Wince, Hendri and Erman, Har (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLEPLAYING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
19. COVER.PDF

Download (480kB)
[img] Text
19. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe roleplaying dan model pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMA NEGERI 5 Padang. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sedangkan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen (78,12 ) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol(69,53). Uji statistik pada taraf kepercayaan α = 0,05 didapatkan thitung > ttabel (13,7 > 1,67), maka Hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe roleplaying dan model pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMA N 5 Padang. Disarankan kepada guru biologi untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe roleplaying sebagai salah satu model pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe RolePlaying, Aspek ranah kognitif, Hasil Belajar Biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:18
Last Modified: 19 Sep 2023 06:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16316

Actions (login required)

View Item View Item