Penerapan Strategi Pembelajarn Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) Disertai Media Gambar Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VII MTsN 4 Padang

Amalia Yumna, Amalia Yumna and Erman, Har and Rona, Taula Sari (2017) Penerapan Strategi Pembelajarn Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) Disertai Media Gambar Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VII MTsN 4 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
25. COVER.PDF

Download (490kB)
[img] Text
25. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Gettting Answer disertai media gambar dan hasil belajar biologi siswa dengan metode ceramah dan mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer disertai media gambar dengan menggunakan metode ceramah. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VII6 sebagai kelas eksperimen dan VII5 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh dari ranah kognitif pada kelas eksperimen 81.85 dan pada kelas kontrol 72.83 dengan harga thitung 3.59 sedangkan ttabel 1.67. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) disertai media gambar pembelajaran biologi dengan metode ceramah. Diharapkan bagi generasi para calon guru yang professional hendaknya memberikan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa agar siswa lebih aktif dan kreatif sehingga dapat meningkatkan kecerdasan siswa. Kata Kunci : Strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer, hasil belajar biologi, pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:40
Last Modified: 19 Sep 2023 06:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16322

Actions (login required)

View Item View Item