PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 18 PADANG

Ayu Mahyuni, Ayu Mahyuni and Lisa, Deswati and Gusmaweti, Gusmaweti (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 18 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
26. COVER.pdf

Download (573kB)
[img] Text
26. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruhpenerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI (group investigation) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Padang, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, penentuan kelas sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal tes untuk aspek kognitifsedangkan untuk aspek afektif menggunakan lembar observasi. Data dalam penelitian ini adalah data primer berupa soal hasil belajar selanjutnya diolah dengan uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung (1,73)>ttabel (1,67). Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 18 Padang. Hasil belajar pada ranah kognitif didapat nilai rata-rata kelas eksperimen (77,81) lebih tinggi dari nilai rata-rata ranah kognitif kelas kontrol (73,06). Nilai rata-rata ranah afektif kelas eksperimen (80) lebih tinggi dari nilai rata-rata afektif kelas kontrol (73,3). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 18 Padang berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, group investigation, post-test,hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:36
Last Modified: 19 Sep 2023 06:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16323

Actions (login required)

View Item View Item