PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI SD NEGERI 09 2X11 ENAM LINGKUNG

Reyza, Apriliani and Yusrizal, Yusrizal and Erwinsyah, Satria (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI SD NEGERI 09 2X11 ENAM LINGKUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (121kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 09 2x11 Enam Lingkung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 09 2x11 Enam Lingkung dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek data adalah siswa kelas V SD Negeri 09 2x11 Enam Lingkung berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, penilaian ranah afektif (Disiplin dan Tanggung Jawab) dan penilaian ranah kognitif. Berdasarkan hasil penilaian ranah kognitif pada siklus I dengan persentase ketuntasan 18,51% dengan rata-rata 43,70 meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan 76,92% dengan rata-rata 80. Penilaian ranah afektif pada kemampuan Disiplin dan Tanggung Jawab siswa siklus I dengan persentase ketuntasan 63,18% meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase ketuntasan 76,43%. Berarti indikator dalam penelitian ini berhasil dicapai dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dalam pembelajaran IPS berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui model dengan Cooperative Integrated Reading And Composition dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 09 2x11 Enam Lingkung. Kata Kunci : Hasil belajar, IPS, Cooperative Integrated Reading And Composition

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:37
Last Modified: 19 Sep 2023 06:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16327

Actions (login required)

View Item View Item