PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN 20 GUNUNG TULEH PASAMAN BARAT

Sahrotil, Hayati and NURHARMI, NURHARMI and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN 20 GUNUNG TULEH PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVE- BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB V - DP.pdf

Download (121kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 20 Gunung Tuleh Pasaman Barat. Rendahnyahasil belajar siswa dari 18 orang siswahanya 33,33% memperoleh nilai di atas KKM. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Problem Posing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn dengan menggunakan Model Problem Posing di SDN 20 Gunung Tuleh.Sedangkan tujuannya adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn dengan menggunakan Model Problem Posing di SDN 20 Gunung Tuleh.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 20 Gunung Tuleh, yang berjumlah 18 orang.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi afektif siswa,catatanlapangan, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan model problem posing pada aspek siswa siklus I 67,1% meningkat menjadi 81% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I 71,38 meningkat pada siklus II menjadi 80,11. Dapat disimpulkan, dengan menggunakan ModelProblem Posing pada pembelajaran PKn dapat ditingkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Posing, PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:45
Last Modified: 19 Sep 2023 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16328

Actions (login required)

View Item View Item