PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN TAMPILAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 PADANG GELUGUR Kab. PASAMAN

Nofria Essil, Nofria Essil1 and Nawir, Muhar and Azrita, Azrita (2017) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN TAMPILAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 PADANG GELUGUR Kab. PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
31. COVER.pdf

Download (330kB)
[img] Text
31. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Padang Gelugur Kab. Pasaman dengan menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash dengan tampilan powerpoint pada materi Sistem Produksi Manusia. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan nilai ratarata kelas eksperimen 86.12 dan kelas kontrol 76.0. Pada ranah afektif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 3,92 dan kelas control 2,92.Uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 3.65> ttabel 1.68 (α 0.05), berarti H1 diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash dengan tampilan powerpoint pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran ini memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 76%. Kata Kunci: Pendekatan kontekstual, Macromedia flash, powerpoint, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:59
Last Modified: 19 Sep 2023 06:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16331

Actions (login required)

View Item View Item