PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASHPADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ALAT GERAK UNTUK KELAS VIII DI MTSN 04 PADANG

NITA SARI, DEWI and Wince, Hendri and Gusmaweti, Gusmaweti (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASHPADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ALAT GERAK UNTUK KELAS VIII DI MTSN 04 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
33. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
33. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada materi struktur dan fungsi alat gerak yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini penelitian pengembanganyang menggunakan tiga tahap dari 4-D Model, yaitu tahap define, design, dan develop. Pengembangan media pembelajaran interaktifberbasis macromedia flash divalidasi oleh dua orangdosen FKIP Universitas Bung Hatta dan untuk praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru mata pelajaran IPA dan 34 orang siswa kelas VIII di MTs Negeri 04 Padang. Instrument yang digunakan adalah angket dan data diperoleh dari angket validitas dan angket praktikalitas.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash yang valid sebesar 89,06% dengan kriteria sangat valid dan uji praktikalitasdari siswa (84,10%) dan guru (82,82%) dengan kriteria praktis. Disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash yang telah dikembangkan sangat valid dan praktis, sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Guru dan siswa dapat menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dalam proses pembelajaran IPA pada materi struktur dan fungsi alat gerak. Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, macromedia flash, struktur dan fungsi alat gerak, validitasdan praktikalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:48
Last Modified: 19 Sep 2023 06:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16333

Actions (login required)

View Item View Item