PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA DENGAN METODE KELOMPOK DI KELAS IV SDN 14 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

YUNIS, YUNIS and NINIWATI, NINIWATI and Ashabul, Khairi (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA DENGAN METODE KELOMPOK DI KELAS IV SDN 14 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (108kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti di SDN 14 Enam Lingkung bahwa rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika disebabkan rendahnya perhatian siswa untuk belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan Metode Kelompok hasil belajar matematika Geometri dan Pengukuran pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dapat meningkat?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan Metode Kelompok di kelas IV SD Negeri 14 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Instrumen penelitian yang adalah lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan II adalah 54,55% dan 81,82%. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 14 Enam Lingkung setelah menggunakan Metode Kelompok. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan guru dapat menggunakan Metode Kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:37
Last Modified: 21 Sep 2023 03:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16363

Actions (login required)

View Item View Item