PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 10 SILAUT KABUPATEN PESISIR SELATAN

Almasri, Almasri and Wince, Hendri and rieke, alyusfitri (2017) PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 10 SILAUT KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 10 SILAUT Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada ranah kognitif tingkat pengetahuan dan pemahaman, ranah afektif tingkat merespon, serta ranah psikomotor tingkat manipulasi dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 10 SILAUT Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V SDN 10 SILAUT Kabupaten Pesisir Selatan, yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar Observasi guru dalam proses pembelajaran dan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I dengan rata-rata 72,8, meningkat menjadi 82,8 pada siklus II dengan ketuntasan 96%. Berdasarkan penilaian ranah afektif siswa pada siklus I di peroleh rata-rata siswa 74,02 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81,44 dengan ketuntasan keberhasilan 77%. Berdasarkan lembar observasi penilaian ranah Psikomotor siswa pada siklus I diperoleh rata-rata siswa 77,46 meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 88,9 dengan ketuntasan 80,62%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan dengan mengunakan metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan metode Eksperimen didalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. -------------------------------------------------------- Kata kunci : Pembelajaran, Belajar, Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:56
Last Modified: 21 Sep 2023 06:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16371

Actions (login required)

View Item View Item