PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DALAM MATERI SIFAT BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SDN 13 BATU GADANG KECAMATAN LUBUK KILANGAN

Arminda, Arminda and Gusmaweti, Gusmaweti and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DALAM MATERI SIFAT BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SDN 13 BATU GADANG KECAMATAN LUBUK KILANGAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (203kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam pembelajaran hal ini menyebabkan siswa cepat bosan dan ribut dalam kelas.Suasana belajar yang pasifberpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Dalam hal ini peneliti ingin menerapkan metode ekperimen pada materi sifat benda karena materi ini sangat menarik jika dalam pembelajarannya melibatkan siswa secara aktif dalam melakukan percobaan untuk mengetahui sifat suatu benda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek psikomotor dan kognitif siswa pada materi sifat benda dengan menggunakan metode eksperimen. Hipotesis dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini telah berlangsung selama 2 siklus. Dalam setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap sikulus dilakukan dua kali pertemuan dan diakhir pertemuan dilakukan ulangan harian untuk melihat tingkat ketuntasan siswa. Subjek penelitian siswa kelas III SDN 13 Batu Gadang yang berjumlah 32 Orang Instrumen yang adalah lembaran observasi aspek psikomotor, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada aspek psikomotor telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 64,55% naik menjadi 83,5% pada siklus II. Sementara itu aspek kognitif ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 57,59% pada siklus I naik menjadi 73,42% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan metode ekperimen di dalam kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada aspek psikomotor dan kognitif. Metode eksperimen telah mampu melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran IPA. Kata kunci : Peningkatan hasil belajar siswa, metode eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:04
Last Modified: 21 Sep 2023 07:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item