PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENS(TGT) PADA PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS IV SDN 05 NANGGALO TARUSAN

Delvirita, Delvirita and Muhammad, Sahnan and Daswarman, Daswarman (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENS(TGT) PADA PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS IV SDN 05 NANGGALO TARUSAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (195kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelas IV padapembelajaran IPS denganmenggunakan model pembelajaranKooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) di SDN 05 Nanggalo Tarusan. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas, dengansubjeksiswakelas IV SDN 05 Nanggalo Tarusanyang berjumlah25 orang siswa.Penelitianinidilaksanakanpada semester genapTahunAjaran 2015/2016.Instrumenpenelitian yang digunakanadalahlembarobservasikegiatan guru, lembarpenilaianhasilbelajarsiswa.Pelaksanaanpembelajaran IPS berlangsungdenganbaik.Berdasarkanhasilpenelitian, Peningkatan Pemahamansiswadalampembelajaran IPS dengan model CooperatifTipeTeam Games Tournament (TGT) padaSiswa di kelas IV SDN 05 NanggaloKec. Koto XI Tarusanpadasiklus I 74% mengalamipeningkatanpadasiklus II menjcapai 92,0%. Peningkatan pemahaman siswamenjawabpertanyaanpadapembelajaran IPS CooperatifTipe Team Games Tournament (TGT) padaSiswa di kelas IV SDN 05 NanggaloKec. Koto XI Tarusan pada siklus 1 64% mengalami peningkatan 80% pada siklus II. Peningkatan pemahaman siswaberdiskusipembelajaran IPS CooperatifTipe Team Games Tournament (TGT) padaSiswa di kelas IV SDN 05 NanggaloKec. Koto XI Tarusanpadasiklus I 54% mengalamipeningkatan72% padasiklus IIHal iniberartipelaksanaanpembelajaran IPS melalui model KooperatiftipeTeam Games TournamenspadaSiswa di kelas IV SDN 05 NanggaloKec. Koto XI Tarusanmengalamipeningkatandandapatdikatakanbaik, karenatelahmencapai target yaitu 70%.Berdasarkan penelitianini, dapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranCooperatifTipeTeam Games Tournament (TGT) dapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswakelas IV SDN 05 NanggaloKec. Koto XI Tarusan Kata Kunci:Hasilbelajar, Model PembelajaranCooperatifTipeTeam Games Tournament (TGT), IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:12
Last Modified: 21 Sep 2023 07:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16374

Actions (login required)

View Item View Item