PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL SCIENCE ENVIRONMENT TECNOLOGI AND SOCIETY DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG

Dian, Rupia and Pebriyenni, Pebriyenni and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL SCIENCE ENVIRONMENT TECNOLOGI AND SOCIETY DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (147kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa IV di SDN 08 Surau Gadang Padang pada mata Pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS menggunakan model Science Environment Tecnologi and Society di SDN 08 Surau Gadang Padang. Jenis peneliyian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus,Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang Padang, yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan hasil belajar afektif siswa pada aspek tanggung jawab dan kerjasama dengan rata-rata yaitu 54,55 pada siklus 1 meningkat menjadi 72,05 pada siklus II. Sedangkan Hasil belajar ranah kognitif siswa aspek pengetahuan dan pemahaman siswa dengan presentase ketuntasan 35,71% pada siklus I, siklus II dengan presentase ketuntasan siswa meningkat 71,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model Science Environment Tecnologi and Society dapat meningkat. Kata kunci : Hasil Belajar,IPS,Science Environment Tecnologi and Societ

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:33
Last Modified: 21 Sep 2023 07:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16378

Actions (login required)

View Item View Item