Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 25 Padang.

TIANA, PUTRI and KHAIRUDIN, KHAIRUDIN and NINIWATI, NINIWATI (2020) Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 25 Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
14 tiana putri (1610013211010) ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
14 tiana putri (1610013211010) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
14 tiana putri (1610013211010) BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
14 tiana putri (1610013211010) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
14 tiana putri (1610013211010) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
14 tiana putri (1610013211010) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
14 tiana putri (1610013211010) COVER.pdf

Download (339kB)
[img] Text
14 tiana putri (1610013211010) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah karena pemikiran yang berkembang pada siswa SMP tentang matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga menyebabkan siswa merasa cemas saat berinteraksi dengan pelajaran matematika yang disebut dengan kecemasan matematika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang diperoleh dari angket kecemasan matematika dan nilai hasil belajar matematika siswa diperoleh dari nilai ujian semester ganjil matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 25 Padang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi bertanda negatif yaitu r =-0,006 selanjutnya koefisien determinasi diperoleh hanya sebesar 0,0036% dan untuk thitung < ttabel dengan thitung = -0,033 dan ttabel = 1,70 dan taraf α =0.05 sehingga H0 diterima. Maka disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika (Mathematics Anxiety) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 25 Padang. Pada hasil penelitian ini didapatkan bahwa siswa yang memiliki tingkat kecemasan rendah sebanyak 12,5%, siswa yang memiliki tingkat kecemasan sedang sebanyak 71,9%, dan siswa yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi sebanyak 15,6%.Dari hasil penelitian, disarankan agar siswa dapat mengendalikan kecemasan matematika (Mathematics Anxiety) yang dimiliki, seperti selalu berfikiran positif terhadap diri sendiri bahwa kita mampu dan bisa untuk menyelesaikan segala persoalan dalam pelajaran matematika. Kata Kunci: kecemasan matematika, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 20 Nov 2020 08:22
Last Modified: 20 Nov 2020 08:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item