PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL GUIDED TEACHING DI SD NEGERI 09 KECAMATAN V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Elfina, Soswita and NURHARMI, NURHARMI and Yulfia, Nora (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL GUIDED TEACHING DI SD NEGERI 09 KECAMATAN V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover- BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (146kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn dengan Model Guided Teaching di SD Negeri 09 Kecamatan V Koto TimurKabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar aktivitas siswa, lembar afektif siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh 1) Terjadi peningkatan terhadap aktivitas siswa dari siklus I ke Siklus II yaitu aktivitas mengajukan pertanyaan 57,5% menjadi 75%, aspek menjawab pertanyaan dari 55% menjadi 80%, dan aktivitas mengemukakan pendapat dari 57,5% menjadi 77,5%. Rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 56,67% meningkat pada siklus II menjadi 77,5%, 2) Terjadi peningkatan hasil belajar afektif siswa pada siklus I dan siklus II pada aspek tanggung jawab dan disiplin dengan nilai rata-rata 61,57 dan meningkat pada siklus II menjadi 77,19, 3) Terjadi peningkatan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas belajar 50% meningkat pada siklus II dengan persentase siswa yang tuntas belajar 75%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Guided Teachingdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa kelas IV SDN 09 Kecamatan V Koto TimurKabupaten Padang Pariaman. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Guided Teachinguntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Model Guided Teaching, Hasil Belajar PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:18
Last Modified: 22 Sep 2023 08:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item