PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK JENIS HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) SEBAGAI SUBSITUSI ASPAL PADA CAMPURAN ASPAL BETON LAPIS AUS (AC-WC)

Angga Alisman, Pratama and Embun Sari, Ayu (2023) PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK JENIS HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) SEBAGAI SUBSITUSI ASPAL PADA CAMPURAN ASPAL BETON LAPIS AUS (AC-WC). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN ANGGA.pdf

Download (776kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAFTAR PUSTAKA ANGGA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
FULL_SKRIPSI_ANGGA_ALISMAN_PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Banyaknya jalan raya yang mengalami kerusakan sebagian besar diakibatkan oleh kontruksi jalan yang tidak sesuai dengan pemakaian. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas perkerasan jalan antara lain adalah memodifikasi aspal dengan mensubsitusikan dengan bahan lain seperti plastik High Density Polyethylene (HDPE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kadar aspal optimum yang digunakan dalam campuran AC-WC dan mengetahui pengaruh limbah plastik HDPE terhadap campuran aspal beton lapis aus yang dapat dilihat dari nilai karakteristik marshall sesuai ketentuan yang berlaku. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yang sesuai dengan acuan spesifikasi bina marga 2018 revisi 2. Pengujian yang dilakukan antara lain, pengujian material (agregat kasar, agregat halus, dan aspal), pembuatan benda uji dan pengujian marshall untuk mendapatkan nilai stabilitas dan flow dan parameter marshall lainnya. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai density, VFA, Stability, Flow, dan MQ seiring meningkatnya variasi kadar limbah plastik HDPE dan terdapat penurunan nilai VMA dan VIM dari campuran tersebut. Hasil penelitian ini didapatkan KAO sebesar 6% lalu divariasikan dengan kadar limbah plastik HDPE 4%, 5%, 6%, 7%, dan 8% dengan kadar optimum pada kadar 7% dengan nilai density 2314 gr/cm3, VMA 15,0%, VIM 3,18%, VFA 78,8%, Stabilitas 1237 kg, Flow 3,99 mm, MQ 310 kg/mm. Kata kunci : High Density Polyethylene, Aspal Beton (AC-WC), Marshall

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:02
Last Modified: 25 Sep 2023 02:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item View Item