PERENCANAAN PENJADWALAN PROYEK DENGAN PENERAPAN METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) DAN CADANGAN WAKTU, (Studi Kasus: Pembangunan Pondok Pesantren Yayasan Dar El Iman Kota Padang)

Suci, Zulianni Putri Manda and Rita, Anggraini (2023) PERENCANAAN PENJADWALAN PROYEK DENGAN PENERAPAN METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) DAN CADANGAN WAKTU, (Studi Kasus: Pembangunan Pondok Pesantren Yayasan Dar El Iman Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. TUGAS AKHIR SUCI ZULIANNI PUTRI MANDA 2023.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. TUGAS AKHIR SUCI ZULIANNI PUTRI MANDA 2023.pdf

Download (51kB)
[img] Text
iii. TUGAS AKHIR SUCI ZULIANNI PUTRI MANDA 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tingkat keberhasilan suatu proyek bergantung pada pengelolaan manajemen yang dilakukan, salah satunya manajemen waktu yang berguna sebagai pengatur jalannya pelaksanaan pekerjaan. Untuk mencapai keberhasilan itu, dibutuhkan pengendalian penjadwakan waktu yang telah direncanakan, salah satunya menggunakan metode PDM (Precedence Diagram Method) yang memiliki empat hubungan antar kegiatan serta logika ketergantungan pada item pekerjaan. Metode PDM juga memberikan gambaran Network Planning yang lebih rinci sehingga memudahkan dalam memahami alur pekerjaan. Tidak hanya itu, dalam penjadwalan waktu penggunaan cadangan waktu juga sangat dibutuhkan, dikarenakan konsep dari cadangan waktu yaitu memberi gambaran waktu tenggang bilamana pada proyek terjadi kendala seperti keterlambatan sehingga proyek memiliki gambaran untuk memecahkan permasalahan dalam aspek penjadwalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara merencanakan penjadwalan proyek dengan menggunakan metode PDM (Precedence Diagram Method) dan konsep cadangan waktu dibantu oleh software Microsoft Project 2019. Penunjang keberhasilan penelitian membutuhkan data sekunder berupa RAB, time schedule, metoda kerja proyek, gambar kerja serta AHSP 2022. Dalam penerapannya pertama urutkan item pekerjaan, kemudian lakukan perencanaan durasi menggunakan koefisien pada AHSP 2022, setelah itu lakukan hubungan antar kegiatan dan logika ketergantungan menggunakan metode PDM berupa finish to start (FS), finish to finish (FF), start to finish (SF), dan start to start (SS), kemudian hitung jumlah cadangan waktu masing-masing item pekerjaan. Dari hasil penelitian menggunakan metode PDM dan cadangan waktu didapat jumlah durasi pengerjaan proyek selama 140 hari kerja dengan jumlah total cadangan waktu jalur keseluruhan pekerjaan adalah 28 hari kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:36
Last Modified: 25 Sep 2023 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16455

Actions (login required)

View Item View Item