PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL WORD SQUARE DI SDN 21 KAPUH PESISIR SELATAN

ELZA, KARMILA SARI and Yusrizal, Yusrizal and Susi, Herawati (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL WORD SQUARE DI SDN 21 KAPUH PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (180kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV di SDN 21 Kapuh, Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran berlangsung, rendahnya aktivitas siswa dalam mendengarkan penyajian bahan, rendahnya aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan siswa baik secara lisan maupun tulisan, dan rendahnya aktivitas siswa dalam mengerjakan latihan dan membuat kesimpulan. Pada saat proses pembelajaran guru kurang menggunakan strategi yang bervariasi dan media pembelajaran. Hal ini juga berdampak pada hasil ujian MID semester 1 tahun ajaran 2014/2015 yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas IV dalam mengerjakan latihan, dan membuat kesimpulan pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui model Word Square di SDN 21 Kapuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar obsrvasi aktivitas guru, dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa mengerjakan latihan dari 58,82% menjadi 76,47%, dan telah terjadi peningkatan aktivitas siswa membuat kesimpulan dari 47,05% menjadi 73,53%. Dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran PKn kelas IV di SDN 21 Kapuh pada aktivitas siswa mengerjakan latihan mengalami peningkatan 17,65%, dan pada aktivitas siswa membuat kesimpulan mengalami peningkatan 26,48%. Penggunaan model Word Square dalam pembelajaran PKn kelas IV di SDN 21 Kapuh dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, PKn, Model Word Square

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:51
Last Modified: 25 Sep 2023 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16462

Actions (login required)

View Item View Item